First Impression | Belanja St. Ives Face Scrub di JD.ID - Bonjour gens!

Saturday, 18 November 2017

First Impression | Belanja St. Ives Face Scrub di JD.ID

Selamat malam semuanya!

Malam ini, saya mau review singkat soal pengalaman belanja di salah satu e-commerce dengan logo #DijaminOri yakni JD.ID. Sebenarnya ini bukan pengalaman pertama belanja di e-commerce sih, saya udah sering belanja online lewat e-commerce, seperti Vipplaza dan Shopee (paling sering). Tapi karena JD.ID ini menawarkan harga yang lumayan miring dengan embel-embel free ongkir, which is holy grail for online shoper, jadi saya putuskan untuk mencobanya.



Saya lagi nyari face scrub yang hype banget belakangan, St. Ives. Yup, face scrub asal Amerika ini dapet bejibun review positif dari para beauty guru dan katanya super model Gigi Hadid pake ini sebagai perawatan wajahnya. Siapa yang nggak kepincut coba? Siapa tau bisa mirip-mirip dikit ama pacarnya Zayn Malik itu kan? Terus bisa gantiin dia di Victoria Secret Show di China, dimana Gigi nggak bisa make it karena gosipnya doi sempet kena masalah rasis gara-gara mengejek mereka dengan menyipitkan mata. Ups, kebablasan, lanjut ya...

Jadi awalnya karena mau beli St. Ives yang original, di Shopee sih banyak cuman takut nggak ori aja karena penjualnya  yang terlalu banyak dan nggak ada yang menjamin mereka semua menjual barang ori. Terus di Watson sebenernya ada tapi Watson di sini lokasinya lumayan jauh dan males banget ke mall cuma buat beli satu barang ye kan? Akhirnya JD.ID jadi pilihan.

Saya download aplikasinya dulu di App Store, biar keep update sama stock St. Ives, soalnya produk ini lama banget restocknya dan dia sold out terus keterangannya. Nggak tau kenapa JD.ID nggak menambahkan stocknya biar lebih banyak. JD.ID sendiri, dia menawarkan harga yang lebih murah daripada yang lain. Kalau di Shopee St. Ives ukuran 170ml dihargai antara Rp 75.000-100.000 nah di JD.ID bisa dapet Rp 70.000 lho, bahkan kemarin diskon jadi Rp 60.000, mantep ga tuh? Eh, tapi ada lagi di Nihonmart kamu juga bisa dapet harga Rp 70.000an, sayangnya disitu free ongkirnya baru bisa dapet kalo kamu beli minimal Rp 200.000. Jadi saya batalin deh belanja ke Nihonmart dan memilih di JD.ID.

Sayangnya, stock yang saya mau (170ml) habis terus dan nggak restock-restock, kemudian pas ceki-ceki ada available sock ukuran 28ml dengan harga Rp 21.000. Setelah saya pikir-pikir daripada nggak dapet lagi yaudah saya libas deh ukuran mini itu. Kecewa sebenernya, ternyata size-nya tuh beneran kecil ya Rabb! Pas barangnya nyampe udah kepikiran mau beli lagi yang ukuran gede aja, soalnya dipakenya enakeun bangetttt! Reviewnya menyusul yah... 




Well, jadi pas barang dateng, suka banget deh sama packaging-nya super rapi dan menjaga keamanan isi banget. Kardusnya kuat nggak penyok dengan label JD.ID dan juga ada lampiran alamat yang jelas tertempel di sana. Di dalamnya ada si produk yang udah diselotip kuat biar nggak bocor dan disertai airbag, pokoknya aman syekali. GGWP JD.ID! Plusnya lagi, dia dilengkapin invoice lho, dimana itu kertas sebenernya nggak penting banget buat saya karena track pesanan udah bisa dilakukan melalui aplikasi yah. Tapi ini poin plus dan kesannya pro banget dah!







Sayangnya, duh! Ini sayang banget ya, JD.ID pengirimannya super lama cyin (mereka pake jasa pengiriman J-Express). Jadi saya pesan itu dari tanggal 11 November 2017 ya, pesanan telah terkonfirmasi dan udah di package dan siap kirim (menurut informasi dari aplikasi) bahkan di tanggal 12 November dia bilang kalau pesanan saya udah otw ke Surabaya. Biasanya selama-lamanya saya pesan barang online, dia bakal datang di hari ke-3 atau 4 setelah pesanan dikonfirmasi, dimana harusnya udah dateng di tanggal 14 atau 15 November, tapi sayangnya di tanggal itu belum datang guys! Panik dan kesel-lah saya. Jarang-jarang nih soalnya, terlebih komentar di JD.ID itu barang-barang udah pada nyampe ke customer sehari setelah transfer kan bete ya. Meskipun mereka di JABODETABEK, tapi ke Surabaya harusnya nggak harus makan waktu sampai seminggu atuh kang...

Akhirnya, karena sebel, saya bikin riweuh deh di JD.ID dengan sering-sering nanya ke CS-nya. CS-nya baik-baik semua sih, dia cepet banget balesnya dan 24 jam ada di sono. Saya love deh sama ini. Dikasih pengertian kalo barang masih di perjalanan dan jawaban yang yaudahlah ya jawaban standart ala CS (saya dulu mantan CS juga). Sampai kemarin, Jumat 17/11 saya nanya lagi status barang saya dan minta resi ke CS. Fyi, resi nggak dikasih tau dalam aplikasi. Saya track itu resi masih mandek aja di J-Express Surabaya dari 12-17 November kok nggak dikirim-kirim ke kosan. Karena kesel, saya email aja CS-nya J-Express dan nanya status barang saya. Seperti biasa jawabannya hanya menginfokan kalau barang saya masih dalam perjalanan.

 Pengen ngamuk sebenernya, tapi sabar deh sabar. 
Akhirnya besoknya, Sabtu, 18/11, barang dateng juga pas sorean sekitar jam 16:00 WIB. Thanks ya Allah! Jadi karena barang akhirnya sampai dengan selamat sehat sentosa plus packaging yang oke gila saya maafkan kali ini. Dari pengalaman diatas sih saya kasih mereka bintang 5 untuk packaging, tapi untuk pengiriman sorry to say hanya bintang 3.

Oh iya, soal barang yang ori atau nggak saya pikir dia ori kok. Sesungguhnya saya sendiri nggak tau bedanya St. Ives ori atau nggak, cuma dari yang saya rasakan dia sama persis dari yang di review baik dari web-nya sendiri atau dari orang-orang yang udah mencoba. Jadi no worry untuk soal keaslian barang yah!

Meskipun ini merupakan salah satu pengalaman yang nggak terlalu menyenangkan, saya nggak kapok kok belanja di JD.ID. Terimakasih JD.ID :)

2 comments: